Entri Populer

Selasa, 07 Juni 2016

Ingin Rumah Tangga Bahagia? Ini Solusinya



Ingin Rumah Tangga Bahagia?
Ini Solusinya
Memiliki rumah tangga sakinah, mawadah dan warohmah adalah dambaan setiap orang. Namun diantara banyaknya masalah yang menimpa sebuah pernikahan, sering kali sang istri atau suami lalai pada kewajiban dan memilih mengambil jalan pintas, yaitu cerai. Padahal cerai adalah hal yang halal namun sangat di benci Allah. Maka dari itu di haruskan suami istri saling menguatkan agar rumah tangganya tidak goyah jika ada masalah datang. Setiap rumah tangga pasti di uji dengan masalah yang berbeda, namun setidaknya ada solusi yang membuat rumah tangga bahagia. Di bawah ini ada 5 Tips yang dapat membuat rumah tangga anda bahagia dan langgeng. 
1. Jaga Kepercayaan antara suami dan istri. Kepercayaan adalah kunci utama sebuah pernikahan, tanpa kepercayaan hidup berumah tangga akan selalu di liputi masalah. Suami istri juga sebaiknya jangan terlalu yakin pada firasat ketika ada masalah atau tengah berjauhan karena itu hanya akan menimbulkan masalah. Jika di rasa ada masalah kecil ataupun ada kabar tentang pasangan, maka bicarakan baik-baik pada pasangan apakah kabar itu benar atau tidak. Para suami juga harus menjaga perasaan istri dan jangan memancing emosi karena biasanya seorang istri akan lebih sensitif jika ada masalah. 
2. Biasakanlah Bermusyawarah atau bertukar pendapat. Rasa keterbukaan suami istri sangat di butuhkan dalam pernikahan karena hal itu dapat menjauhkan prasangka buruk. Bahkan dengan keterbukaan akan menumbuhkan rasa memiliki dan saling membutuhkan. Jika di rasa ada yang melakukan kesalahan, suami atau istri belajarlah meminta maaf walaupun pasangan tidak mengetahui telah terjadi masalah. Jangan biarkan ego menghalangi dan nantinya menghancurkan pernikahan. 
3. Jangan abaikan kebutuhan jasmani dan rohani pasangan. 2 kebutuhan itu juga penting dan dapat membuat rumah tangga bahagia. Wajar untuk pasangan jika membutuhkan kebutuhan jasmani atau rohani. Salah satu manfaat pernikahan adalah halalnya lawan jenis melakukan hubungan rohani untuk mencegah terjadinya pelecehan. Maka dari itu diusahakan sepasang suami istri mengerti kemauan pasangan agar tidak menimbulkan masalah yang berujung kehancuran pernikahan. 
4. Terima kekurangan pasangan. Menerima kekurangan pasangan juga menjadi hal penting kebahagiaan berumah tangga karena jika tidak menerima kekurangan pasangan, hati akan selalu diliputi penyesalan dan rasa malu karena telah menikah bukan pada tipenya. Maka dari itu sudah seharusnya suami istri menerima kekurangan pasangan. Suami istri juga di haruskan menjaga kepribadian pasangan agar tidak di umbar ke orang lain karena suami istri itu satu kesatuan, maka dari itu jagalah kehormatan pasangan. 
5. Dekatkanlah diri pada Tuhan. Bersyukur dan mendekatkan diri pada sang pencipta dapat membuat hidup tentram dan di lindungi dari berbagai masalah hati. Tidak ada salahnya suami istri meluangkan sholat berjamah dan mengaji bersama. Jika keduanya sibuk, di usahakan seminggu sekali meluangkan sholat berjamah. Berdoalah kepadaNya agar pernikahannya sakinah mawadah dan warohmah serta di mudahkan dalam segala cobaan. Untuk membuat pernikahan harmonis dan bahagia sangatlah banyak solusi, tetapi setidaknya 5 tips di atas dapat dijadikan cara menjaga keutuhan pernikahan. Karena sebenarnya walaupun banyak tips membuat rumah tangga bahagia jika hati sepasang suami istri tidak di niatkan menjaga pernikahan, maka akan sia-sia. Untuk itu mulai saat ini usahakanlah mensiasati masalah terkecil dan segera selesaikan agar masalah itu tidak menjadi bumerang kehancuran pernikahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar