Ingin Keungan Stabil? Mengatur Keuangan Adalah Solusinya



Seseorang yang memperoleh penghasilan dari gaji bulanan, tidak perlu mengatur keuangan. Suatu hal yang pasti, uang tersebut akan habis begitu saja. Tentunya, mengatur keuangan seharusnya tidak terbatas untuk individu yang sudah berkeluarga saja, setiap orang dapat memulai sedini mungkin untuk mengatur keuangannya. 

Manfaat Mengatur Keungan

Umumnya, banyak orang tidak pandai mengatur keuangan sehingga pengeluaran membengkak. Selalu ada keinginan membeli sesuatu padahal tidak terlalu penting, tentu hal itu membuat gaji bulanan atau tabungan menipis. 
Namun dengan mengatur keuangan, anda tetap konsisten menggunakan uang untuk hal yang lebih penting. Misalnya untuk keperluan sekolah, belanja kebutuhan sehari-hari dan lain-lain sehingga anggota keluarga terpentuhi kebutuhannya.

Tips Cerdas Mengatur Keungan  

Tidak semua orang pandai mengatur keuangan dengan baik. Pasalnya kepribadian dan sikap setiap orang berbeda-beda, ada yang boros dan ada yang pandai menabung. Walaupun berat, diperlukan kesungguhan agar pendapatan dan pengeluaran seimbang. Untuk itu dibawah ini ada 5 tips yang dapat dicoba agar sukses mengatur keuangan, antara lain:

1. Menggunakan Anggaran

Tujuan anggaran keuangan adalah mengetahui dengan jelas berapa pengeluaran dalam kurun waktu untuk membuat perencanaan keuangan lebih lanjut seperti:
  • Membayar hutang
  • Menghindari biaya yang tak terduga
  • Penilaian kredit bank yang baik
  • Mudah Dapat KPR atau Kredit
  • Mengetahui pengeluaran yang dapat dihemat
  • Mengetahui keadaan keuangan untuk membuat acara hiburan atau produk tertier.
Anggaran keuangan adalah pemasukan dan pengeluaran yang dapat diprediksi. Tagihan yang sudah pasti nominalnya seperti sewa kos, pulsa, listrik adalah kategori paling utama, dimana pengeluarannya harus dikeluarkan dalam sekali pembayaran. 

Kemudian ada pengeluaran harian yang sepertinya tidak banyak jumlahnya tapi karena rutin. Apabila ditotalkan akan menampakan jumlah sesungguhnya, misalnya transport, uang makan, uang jajan, yang termasuk penting. Kemudian ada pengeluaran yang tidak datang tiap bulan seperti hadiah untuk teman yang berulang tahun, menonton, atau makan diluar adalah hal yang tidak direncanakan sebelumnya.

2. Mencatat Pengeluaran

Prediksi keuangan adalah bagian dari pembuatan anggaran keuangan. Namun bila dicocokan dengan Keuangan yang sesuangguhnya akan terlihat dengan jelas sehingga anda mudah mengevaluasi pengeluaran apa saja yang dipangkas. Misalnya saja mencatat bagian-bagian seperti
·         Pemborosan dibagian mana
·         Penyesuaian anggaran sesuai dengan realita sehari-hari
·         Ternyata ada pengeluaran yang belum termasuk angaran
·         Memberikan bayangan kesehatan keuangan

3. Mengecek Anggaran Secara Berkala

Merevisi anggran keuangan adalah suatu hal yang wajar, terutama setelah melihat catatan pengeluaran. Perlu penulisan detail serta kebiasaan yang konsisten untuk dapat benar-benar memiliki kekuatan untuk mengurus keuangan sendiri.

4. Melunasi Hutang

Ambil kendali hidup dengan memprioritaskan pembayaran hutang atau cicilan. Hindari gali lubang tutup lubang hanya untuk memelihara hutang yang memang tidak ada jalan untuk terbebas sepenuhnya dengan cara melunasinya. 
Jangan sampai anda menambah hutang karena membuat anggaran pengeluaran maupun pemasukan menjadi rumit. Prioritasnya hutang dengan bunga tertinggi untuk didahulukan. 

5. Menabung

Membuat perencanaan keuangan harus jelas awal dan akhirnya. Apabila anda menginginkan sesuatu dan perlu sejumlah uang untuk mewujudkannya, maka mulailah menabung secara teratur. Hal yang perlu diketahui dalam menabung adalah
·         Siapkan sebagai dana cadangan, keadaan mendesak seperti sakit atau masuk rumah sakit memerlukan dana cadangan. Disaat penting tersebut orang sering terlilit hutang yang membahayakan.
Dana pensiun diambil dari tabungan anda, tidak pernah terlalu muda untuk mulai merencanakan hari tua.

5. Menggunakan Aplikasi Keungan

Di era digital yang semakin canggih sudah tidak biasa lagi mencatat keuangan dengan menggunakan buku. Terdapat banyak varian aplikasi keuangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu secara personal.
Penggunaan aplikasi juga memudahkan untuk mengatur semua perencanaan dengan kecanggihan teknologi akan memudahkan pengaturan dan membuat orang yang paling malaspun untuk semangat mengatur keuangannya dengan lebih jeli.

6. Konsistensi

Buatlah anggaran, catatan pengeluaran serta penggunaan aplikasi keuangan secara berkesinambungan. Hindari kejenuhan dengan membuat berbagai hadiah untuk diri sendiri untuk pencapaian kecil yang akan menjadi kebiasan yang menguntungkan.

Disiplin dalam bentuk apapun memerlukan latihan terus menerus. Selalu memulai dengan sesuatu yang mudah terlebih dahulu, agak anda tidak kaget dalam menjalaninya. Segera mengatur keuangan agar menggunakan uang secara bijak dan tidak menjadi sumber masalah.

Comments