Inspiratif! 4 Tanaman Obat Terpercaya Dan Efektif


Setiap orang menginginkan  tubuhnya sehat dan bebas penyakit agar rutinitas tidak terbengkalai. Bahkan kalangan selebritis dan orang terpandang memilih metode kesehatan berbayar yang mematok harga fantastis. Namun sebagian orang menggunakan tanaman obat sebagai pilihan menghilangkan penyakit.

Menjaga Kesehatan Menggunakan Tanaman Obat

Kesehatan wajib dijaga agar tubuh memiliki energi melakukan aktifitas. Apalagi menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan pemakaian rutin tanaman obat, selain mudah didapatkan di sekitar rumah, tanaman tersebut didapatkan secara gratis dan mudah.
Yang terpenting adalah menyesuaikan jenis tanaman dengan penyakit yang diderita. Dengan begitu penyakit akan sembuh secara sempurna

Macam-macam Tanaman Obat

Indonesia kaya akan tanaman obat, maka sebagai masyarakat harus memanfaatkannya dengan baik. Pastinya tanaman obat tersebut bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain, bahkan kini sebagian obat yang dijual di Apotek terdapat campuran bahan tanaman obat.
Untuk itu di bawah ini ada 4 tanaman obat untuk kesehatan yang wajib diketahui, diantaranya sebagai berikut:

1.      Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing dengan nama latin Orthosiphon Aristatus di kenal sebagai tanaman obat yang untuk mengatasi sulit buang air kecil dan penyakit asam urat. Hal itu karena kumis kucing mengandung senyawa orthosiphon glikosida dan mengandung sinsetin.
Sementara proses penyembuhan asam uratnya melalui urine lantaran kumis kucing memiliki sifat diuretic yang dapat membuang kelebihan asam urat pada tubuh.
Untuk pengobatannya dapat di rebut sebanyak 10 gram daun kumis kucing, 10 gram sawi tanah, 10 gram meniran dan 15 gram jahe merah, semua bahan di rebus dalam 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan 3 kali sehari secara teratur agar penyakit asam urat bisa sembuh dan tidak sakit kembali.

2.      Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang dapat tumbuh dimana saja dan pertumbuhannya tidak memerlukan banyak perawatan. Lidah buaya sudah lama di kenal memiliki beragam manfaat dari kesehatan bahkan kecantikan, terlebih lagi banyak produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campuran.
Lidah buaya mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan sejumlah vitamin A,B1 dan C. Lidah buaya dapat di konsumsi sebagai jus untuk menjaga kesehatan dari dalam tubuh seperti menjaga kadar asam tubuh, membantu proses detoksifikasi, mengurangi berat badan dan kesehatan tubuh lainnya.

3.      Tanaman Buah Sirsak Atau Sirkaya

Tanaman buah sirkaya ini mempunyai manfaat ganda karena dari buah, daun sampai batangnya bermanfaat. Selain memiliki buah yang enak di sertai asam-asam manis, daunnya dapat di jadikan obat tradisional berbagai penyakit.
Tak heran banyak masyarakat memilih menanam pohon sirkaya di rumah agar tidak repot mencari pohon sirkaya. Tanaman obat sirkaya mengandung anonain dan retikulin, sementara daun,akar dan kulitnya mengandung WN. Akar sirkaya juga berkhasiat mengatasi depresi dan antiradang.
Daun sirkaya bermanfaat mengobati berbagai penyakit seperti asma, peluruh radang, bisul, ginjal dan penyakit lainnya. Untuk pengobatannya cukup rebus sekitar 7 atau 10 daun sirkaya dalam dua gelas hingga tersisa 1 gelas. 
Rasanya pun tidak pahit, melainkan seperti air teh tanpa gula dengan warnanya yang agak kecoklatan seperti air teh. Agar mendapatkan hasil maksimal maka minum air rebusan daun sirkaya 3 kali sehari sampai penyakit yang di derita sembuh.

4.      Kapulaga

Akhir-akhir ini cuaca tidak dapat di prediksi dan mendadak hujan setelah panas yang menyengat. Tentunya hal itu berdampak tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan demam, masuk angin dan batuk. 
Sejumlah orang pasti langsung membeli obat mengingat beragam obat telah tersedia di apotek bahkan warung di sekitar rumah. Padahal menangani batuk dengan obat akan memiliki efek samping tatkala di gunakan terus menerus, lebih baik menggunakan obat tradisional untuk mengani batuk. Seperti halnya kapulaga.
Kapulaga dapat di jadikan ramuan untuk mengatasi batuk, cukup siapkan 5 butir kapulaga dan di rebus dalam 1 gelas air sampai mendidih. Minum air rebusan kapulaga saat masih hangat agar batuk segera reda.
Menjaga kesehatan memang wajib agar aktifitas tidak terganggu, terlebih lagi tatkala sibuk dan harus mengurus keluarga. Untuk itu aturlah pola hidup sehat dan pola makan agar tubuh tetap sehat walaupun dalam musim panca roba.

Comments